CARA MEREDAKAN NYERI HAID SECARA ALAMI

November 7, 2020 by No Comments

13 Cara Mengatasi Nyeri Haid Sampai Tuntas | HonestDocs

Setiap perempuan saat masa pubertas pastinya akan merasakan haid atau menstruasi. Menstruasi adalah keluarnya darah kotor dari dinding rahim yang dialami oleh wanita yang sudah mengalami pubertas. Nah, haid sendiri terkadang menimbulkan rasa sakit atau nyeri di perut. Orang yang sedang merasakan haid biasanya akan merasa lemas dan lesu. Tidak hanya itu, wanita juga merasakan perubahan mood yang tidak menentu. Contohnya seperti terkadang marah, ceria dan juga terkadang sedih yang tidak menentu. Orang yang sedang menstruasi biasanya juga ingin istirahat dan tidur. Sebab saat sedang haid wanita akan merasakan nyeri yang sangat menyakitkan sampai tidak bisa didefinisikan. 

Tips Mengurangi Nyeri Pada Perut Saat Haid

Ketika kami sedang haid biasanya akan selesai dalam 7-14 hari. Nah, haid sendiri bisa kamu rasakan sampai menopause. Menopause adalah wanita yang berhenti dari haid selama 12 bulan secara berturut-turut. Biasanya ini akan terjadi pada usia rata-rata sekitar 51,3 tahun. Nah, kamu tidak akan haid sampai kamu mati jika kamu sudah menopause. Terkadang saat merasakan nyeri haid kamu biasanya akan membeli sebuah obat dan meminumnya. Namun kadang cara ini juga tidak efektif dan malah menimbulkan efek samping. Setelah itu kamu jadi tidak ingin lagi membeli obat nyeri. Nah, mungkin cara-cara alami di bawah ini dapat membantu mu menyembuhkan nyeri haid:

  • Minum minuman hangat

Cara yang pertama ini sangatlah dinilai ampuh untuk meredakan nyeri haid. Namun kamu tidak boleh meminum minuman yang mengandung kafein, alkohol dan juga tinggi gula. Misalnya seperti kopi dan teh. Kamu bisa menggantinya dengan air hangat yang kamu campurkan dengan jahe bakar atau sejenis tanaman obat lain. 

  • Menggunakan kompres

Penggunaan kompres dapat meredakan nyeri pada perut. Kompres bisa kamu bagi menjadi dua yaitu kompres hangat dan dingin. Kompres hangat bisa kamu lakukan dengan menempelkan handuk atau kain hangat lain ke daerah yang memiliki nyeri. Kompres dingin juga bisa kamu lakukan dengan cermat. Dengan cara menempelkan handuk yang sudah kamu celupkan ke dalam air dingin ke perut yang merasakan nyeri haid. keduanya memiliki fungsi masing-masing yang juga dapat meredakan nyeri haid. 

  • Lakukan pemijatan

Mungkin ini adalah cara yang paling simpel yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Caranya dengan melakukan pemijatan secara ringan ke daerah perut yang sedang nyeri. Kamu bisa menggunakan krim pijat atau minyak bayi. Kamu bisa melakukan secara hari-hati dan juga tidak terlalu kuat agar tidak menimbulkan sakit. 

  • Atur posisi paling nyaman

Jika kamu sedang merasakan haid atau menstruasi. Pastinya kamu juga kamu lebih memilih istirahat atau tidur. Dengan tidur, kamu juga bisa menahan rasa sakit walau hanya sebentar. Nah, posisi tidur kamu juga akan menentukan rasa sakit pada haid. Maka dari itu kamu juga harus mengatur posisi tidur dengan tidur berbaring kemudian kaki kamu ganjal dengan bantal. Kamu bisa berbaring miring ataupun lutut ditekuk agar nyaman. 

Nah, itulah beberapa cara agar meredakan nyeri haid yang sering kamu rasakan. Nyeri haid yang kamu rasakan juga tergantung pada apa yang kamu makan. Mengonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga dapat mengurangi nyeri haid kamu. Ini tentu sangat berguna untuk kehidupan kamu. Tak hanya itu, nyeri haid memang masalah yang paling umum yang dialami oleh para wanita. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *