HINDARI MAKANAN INI UNTUK ANDA YANG MEMILIKI PENYAKIT ASAM LAMBUNG

October 15, 2020 by No Comments

Memiliki riwayat penyakit asam lambung pasti sangat mengganggu bagi seseorang. Apalagi untuk pecinta kuliner atau makanan pedas. Pastinya akan sangat merasa sebagai sebuah beban dan merasa terbatasi. Namun, hal itu tetap harus dipatuhi agar cepat pulih dari asam lambung. Asam lambung merupakan salah satu penyakit lambung yang bisa disebabkan karena beberapa hal. Salah satunya yaitu pola makan yang salah. Mungkin kita terlalu banyak makan pedas atau asam dalam beberapa kurun waktu. Sehingga akan mengakibatkan asam lambung yang naik ke kerongkongan. Dimana seseorang akan merasa mual, mulas, panas, dan kembung. Gejala yang akan muncul setiap dua kali dalam seminggu. Bagi seseorang yang memiliki penyakit asam lambung pasti disarankan oleh dokter untuk menghindari makanan-makanan yang memiliki rasa menonjol. Seperti makanan pedas, santan, kopi, asam, dan lain-lain. 

Berikut  Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Yang Memiliki Penyakit Asam Lambung

Terdapat beberapa daftar makanan yang perlu dihindari agar cepat sembuh dari asam lambung. Yang mana makanan memang menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh bagi penderita asam lambung. Makanan yang akan menyebabkan refluks yaitu sebuah kondisi dimana aliran balik asam yang terjadi dari lambung ke kerongkongan. Apa saja makanan yang perlu dihindari? Simak ulasan di bawah ini:

  • Tinggi lemak

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menghindari makanan atau minuman yang mengandung tinggi lemak. Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh dengan jumlah tertentu, bukan dengan porsi yang berlebihan. Yang malah akan menimbulkan gejala maag. Contoh makanan atau minuman tinggi lemak yaitu seperti susu, daging sapi, kambing, gorengan, es krim, kue, dan masih banyak lagi. Segala makanan yang memiliki kandungan tinggi lemak tersebut perlu untuk dihindari terlebih dahulu.

  • Kopi 

Sudah sangat dikenal bahwa untuk penderita asam lambung tidak dianjurkan untuk minum kopi. Hal itu dikarenakan kopi memiliki kandungan kafein di dalamnya. Yang bisa mengakibatkan lemahnya otot pada bagian bawah katup kerongkongan. Kemudian akan menyebabkan asam lambung tak dapat dengan leluasa kembali ke kerongkongan. 

  • Makanan pedas

Sudah bukan merupakan hal yang asing lagi jika memakan makanan pedas dapat menyebabkan sakit perut atau bahkan hingga diare. Seperti yang kita tahu makanan pedas pasti mengandung cabai. Dimana rasa pedas cabai ini berasal dari zat capsaicin. Zat capsaicin ini ternyata dapat memperlambat kinerja sistem pencernaan tubuh kita. Lambatnya sistem pencernaan tubuh ini akan memperburuk kondisi penderita maag. Dimana ketika maag atau asam lambung menyerang, seharusnya sistem tubuh tidak boleh mencerna terlalu lama. 

  • Buah citrus

Kelompok buah citrus yaitu seperti jeruk, jeruk nipis, jeruk lemon, dan jeruk bali. Dimana jeruk memang memiliki rasa asam yang dapat meningkatkan asam lambung. Berdasarkan penelitian, penderita asam lambung setelah mengkonsumsi jeruk akan mengalami gejala yang semakin parah.

  • Soda 

Minuman berkarbonasi dapat menyebabkan asam lambung yang semakin meningkat. Selain itu juga dapat meningkatkan perut terasa kembung. Sama halnya dengan kopi, minuman soda juga dapat menyebabkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah menjadi melemah. Selain itu soda juga mengandung kafein sebagai salah satu pemicu asam lambung.

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat meningkatkan asam lambung. Selain itu juga masih terdapat jenis makanan atau minuman lain. Seperti makanan asin, minuman beralkohol, cokelat, tomat, dan juga bawang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *